JAKARTA – Trust Indonesia memberi apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang telah mengumumkan nama-nama lembaga survei yang terdaftar untuk Pemilu 2024. Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal pun menyatakan keputusan KPU Nomor tersebut sebagai bentuk ketaatan pada regulasi dan upaya untuk menjaga kualitas demokrasi di Indonesia.

“Trust Indonesia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada KPU. Ini bentuk komitmen KPU kepada Demokrasi di Indonesia,” kata Azhari dalam pernyataan tertulis, Senin (15/1) pagi.

Menurut Azhari, dengan pengumuman tersebut, masyarakat tentu akan semakin yakin dengan kinerja lembaga survei. Setidaknya, supaya masyarakat memahami bahwa lembaga survei bekerja dengan kode etik dan norma-norma akademik yang dapat dipertanggungjawabkan. KPU sebagai penyelenggara pemilu, ungkap dia, memiliki tanggung jawab moral agar kerja-kerja lembaga survei memiliki legitimasi dan meraih kepercayaan publik.

“Pengumuman KPU membuat masyarakat semakin yakin dengan kinerja lembaga survei. Publik harus tahu Lembaga survei bekerja dengan kode etik dan diawasi oleh banyak pihak, termasuk KPU,” ujarnya.

Trust Indonesia mengklaim lembaganya akan berupaya meramaikan pesta demokrasi pada Februari mendatang, dengan melakukan update survei terbaru dan proses hitung cepat (quick count). Tujuannya semata-mata agar masyarakat Indonesia percaya bahwa agenda pemilu dan proses demokratisasi di Indonesia terus berlangsung dengan baik.

× Contact Us