HERALD.ID, JAKARTA – Trust Indonesia sebagai lembaga survei dan riset politik, menggelar Kursus Politik, “Jurus Jitu Menang Jadi Anggota Dewan”, Rabu, 18 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut digelar live Youtube, serta zoom ini, menghadirkan Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal.

Menurut Azhari, sosok yang maju sebagai calon anggota legislatif adalah yang sudah bisa dikenal baik dari level individu, maupun level komunitas. 

Calon legislatif lanjut Azhari, harus punya personifikasi di tengah masyarakat untuk disukai kemudian selanjutnya didukung.

Seorang figur caleg juga kata Azhari, harus menghadirkan orang-orang yang jadi source cart atau solusi dari permasalahan di masyarakat.

Pengalihan suara di TPS kata Azhari, itu banyak dari cukong-cukong di tingkat pilkades.

Yang lainnya kata Azhari, sampaikan gagasan itu bahwa dengan gagasan ini masyarakat bisa menjadi baik.

“Contohnya di Sumsel, ada program satu keluarga satu UMKM. Logikanya sulit membuat satu keluarga satu UMKM, ternyata satu keluarga dapat satu lapak online jualan. Artinya ini bukan money politics juga. Dapat Rp500 ribu untuk memulai bisnis dan ini banyak mengikuti, dan menjadi anggota DPRD,” jelas Azhari.

Azhari menambahkan, penting untuk mengetahui, figur calon bukan sekadar tokoh, tapi diikuti kalimatnya. Dijadikan rujukan. “Jadi problem solver lah,” jelasnya.

Menurut Azhari, harus ada riset dan pemetaan, kemudian melakukan rekrutmen dan aktivasi relawan dan mengaplikasikan relawan kanvasin door to door.

“Ada juga kanvasin base community. Misalnya di pasar, ketemu pangkalan ojek online. Gimana caranya relawan kita datang ke sana tidak sekadar sampaikan pesan, tapi ngajak makan dan membuka ruang diskusi. kita sewa aja CEO (Community Event Organizer),” terangnya.

Kata Azhari, relawan yang terorganizir kanvasin ini, menargetkan titik lokasi tertentu.

“Kalau mau masuk ke perumahan, buat tema yang lebih simpatik,” paparnya.Kuncinya kata Azhari, kalau mau menang, harus melakukan pemetaan yang baik. (bs/asw)

× Contact Us