Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Usai bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim, CEO Trust Indonesia Febrian Amanda kembali menemui mantan PM Malaysia Ismail Sabri, pada Sabtu (28/10/2023) kemarin.

Pertemuan tersebut merupakan langkah awal untuk memperkuat hubungan antar Melayu Malaysia dan Melayu di Indonesia, khususnya yang berada di Riau.

“Ini sebenarnya pertemuan awal saja. Tetapi memang dalam pembicaraan tadi, ada niat untuk memperkuat hubungan antara MelayuMalaysia dengan Melayu di Indonesia. Utamanya yang berada di Riau,” kata Febrian dalam keterangannya, Selasa (31/10/2023).

Sebelumnya, Febri juga mendampingi mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, melakukan pertemuan resmi dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim, di Putra Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis malam, 26 Oktober 2023.

“Selalu akrab dan hangat bila bertemu sahabat lama Dato Seri Anwar Ibrahim, PM Malaysia. Obrolan dapat mencakup banyak hal, termasuk dinamika kawasan,” ucap Jusuf Kalla dalam pertemuan tersebut.

Febrian yang juga mantan Ketua Umum Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) ini mengatakan manfaat hubungan ekonomi dan bisnis belum berjalan optimal di antara kedua negara.

Misalnya saja soal konektivitas ekonomi di antara Kuala Lumpur dan Riau yang belum dioptimalkan. Serta pasar di Malaysia yang belum menjadi tujuan ekspansi UMKM Riau.

“Soal ekonomi saja, saya belum melihat upaya masksimal UMKM Riau untuk masuk dan menguasai pasar di Malaysia. Padahal dengan pendekatan yang etnik Melayu, mestinya hal tersebut bisa dilakukan,” terang dia.

Ia pun mengaku akan segera melakukan komunikasi strategis kepada seluruh pemangku kepentingan di Indonesia untuk menguatkan hubungan antara etnik MelayuMalaysia-Indonesia.

× Contact Us