JAKARTA – Trust Indonesia menilai opsi duet Ganjar Pranowo–Khofifah Indar Parawansa hanya membuat Ganjar unggul di wilayah Jawa Timur. Pasalnya, menurut Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal, elektabilitas Khofifah memang hanya tinggi di wilayah tersebut.

“Merujuk hasil survei Trust Indonesia pada Februari lalu, elektabilitas Khofifah hanya tinggi di Jawa Timur. Di bagian provinsi yang lain, elektabilitas Khofifah justru sangat rendah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (4/10) siang.

Meski demikian, ungkap Azhari, ada tren pemilih perempuan lebih cenderung memilih Khofifah Indar Parawansa ketimbang pasangan Capres lainnya. Dalam konteks tersebut, Azhari menganggap akan muncul solidaritas gender dalam pilihan politik pemilih perempuan.

“Merujuk data yang sama, proporsi responden perempuan yang memilih Khofifah jauh lebih tinggi daripada responden laki-laki. Memang ada kecenderungan muncul solidaritas gender di pemilih perempuan,” ujarnya.

Karena itu, bagi Azhari, jika opsi Ganjar-Khofifah yang dipilih, maka pilihan tersebut sulit membuat Capres PDIP mudah memenangkan Pilpres. Sebab, meskipun unggul di Jawa Timur, Ganjar mungkin akan kesulitan memastikan kemenangan di provinsi-provinsi yang lain.

“Selain di Jawa Timur, opsi pasangan Ganjar-Khofifah ini sulit untuk memastikan kemenangan. Butuh energi yang luar biasa untuk memenangkan pasangan ini,” kata dia.

Azhari pun membandingkan sebaran elektabilitas Sandiaga Uno yang jauh lebih merata daripada Khofifah. Fakta sebaran tersebut akhirnya justru membuat posisi Ganjar lebih diuntungkan lantaran potensi dukungan yang muncul merata di sejumlah daerah.

“Misalnya jika dibandingkan dengan Sandi Uno yang memiliki elektabilitas lebih merata. Saya melihat ini jauh lebih menguntungkan bagi mas Ganjar (Capres),” jelasnya.

Sebagai informasi, hasil survei Trust Indonesia yang berlangsung Februari lalu menunjukkan elektabililitas Khofifah hanya muncul di Jawa Timur. Angka elektabilitas Khofifah di Jawa Timur itu pun hanya senilai 3,2 persen.

× Contact Us